Bali dan Lombok merupakan dua pulau yang menjadi primadona pariwisata di Indonesia. Banyak pengunjung yang merasa sayang jika hanya mengunjungi Bali tanpa mengunjungi pulau tetangga yang juga dikenal akan keindahannya. Demikian pula sebaliknya. Dengan layanan fast boat yang tersebar di kedua pulau tersebut, kunjungan Anda akan menjadi lebih efisien karena banyak waktu yang dihemat untuk perjalanan. Layanan kapal cepat yang ada biasanya menghubungkan pelabuhan dari lokasi wisata populer di Bali seperti Sanur, Lombok, dan pulau-pulau kecil yang namanya tengah menggaung di kancah wisata seperti Gili Trawangan. Di Lombok sendiri, ada beberapa pelabuhan yang bisa dikunjungi jika Anda membutuhkan tumpangan kapal cepat menuju Bali atau gili.

Teluk Nara

Pelabuhan Teluk Nara bisa dikatakan merupakan titik penghubung transportasi menuju Bali dan Kepulauan Gili dengan menggunakan layanan kapal cepat. Lokasi Teluk Nara sendiri berada di sisi utara pelabuhan Senggigi dengan jarak kurang lebih 30 menit berkendara. Selain menjadi lokasi transit fast boat dari Bali, pelabuhan yang satu ini juga menjadi titik sandar fast boat dan kapal kecil dari kepulauan Gili khususnya Gili Trawangan. Anda tak akan kesulitan menemukan layanan fast boat di pelabuhan ini karena fast boat yang menawarkan layanan ke Bali secara langsung bisa ditemukan setiap hari. Menggunakan fast boat melalui Teluk Nara menuju Bali relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan kapal feri dari pelabuhan Lembar yang berlokasi di sisi barat pulau Lombok.

Teluk Kodek

Pelabuhan Teluk Kodek menjadi alternatif pilihan lain yang bisa digunakan jika Anda ingin menyeberang ke Gili Trawangan misalnya. Untuk menuju Gili Trawangan, sebenarnya Anda bisa menggunakan kapal umum dari pelabuhan Bangsal dengan ongkos yang terbilang murah. Akan tetapi, kapal umum tersebut mempunyai batasan jam operasional. Tak jarang pengunjung harus gigit jari karena pada hari tersebut kapal umum sudah selesai beroperasi. Menggunakan fast boat bisa menjadi opsi tepat. Anda bisa berangkat dari pelabuhan yang memang khusus menjadi titik transit fast boat yang berada tak jauh dari pelabuhan Senggigi. Pelabuhan ini juga kerap digunakan sebagai tempat singgah kapal phinisi yang melakukan pelayaran lintas Bali dan Flores.

Senggigi

Pelabuhan Senggigi menjadi solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah yang timbul akibat pemindahan lokasi bandara ke Praya dari Mataram. Pemindahan bandara menyebabkan banyak pengunjung mengalami kesulitan untuk mencapai lokasi wisata di Lombok termasuk pantai Senggigi yang merupakan salah satu tujuan wisata utama di Lombok. Pelabuhan Senggigi dibangun sebagai titik transit fast boat dari dan menuju Bali, Lombok, dan Gili Trawangan secara langsung. Pelabuhan ini biasanya beroperasi mulai pukul 09.00 hingga sore setiap harinya. Pelabuhan ini sendiri berada tepat di area pantai Senggigi sehingga Anda tak akan mengalami kesulitan untuk menemukannya.

Bangsal

Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan yang kerap digunakan oleh masyarakat lokal untuk menyeberang dari dan menuju kepulauan Gili. Kapal yang digunakan adalah kapal tradisional dengan tiket yang dijual cukup murah. Oleh sebab itu, kapal kerap disesaki oleh penumpang dan barang. Pelabuhan Bangsal identik dengan transportasi kapal tradisional sehingga Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk menemukan fast boat menuju Gili Trawangan. Hal ini tak menutup kemungkinan Anda masih bisa mendapatkan layanan fast boat menuju Bali misalnya. Lokasi pelabuhan ini berada di sisi utara pulau Lombok sekitar 45 menit berkendara dari pantai Senggigi.

4 Pelabuhan Fast Boat di Lombok
Tagged on:                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pesan Tiket Kapal Cepat

%d bloggers like this: