Kepopuleran Lombok sebagai destinasi wisata favorit yang semakin meroket dari waktu ke waktu tidak bisa dipisahkan dari keberadaan tiga gili yang menjadi destinasi wisata utama di pulau ini. Tiga gili tersebut meliputi Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Untuk mencapai ketiga pulau kecil ini, moda transportasi laut masih menjadi primadona. Tak hanya dari pulau Lombok sendiri, pengunjung bisa menemukan berbagai layanan kapal khususnya fast boat dari Bali. Tak sulit mencari pelabuhan yang menyediakan layanan fast boat menuju gili-gili tersebut. Bagaimana dengan pelabuhan yang ada di ketiga gili tersebut? Berikut ini adalah daftar pelabuhan yang menjadi titik awal penyeberangan dari gili-gili yang menjadi lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Lombok tersebut.

Gili Trawangan

Lombok nyaris identik dengan Gili Trawangan karena Gili Trawangan boleh dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit di pulau seribu gili ini. Banyak turis yang berbondong-bondong datang ke Lombok dengan tujuan utama menghabiskan waktu liburan di Gili Trawangan. Gili yang satu ini mempunyai satu-satunya pelabuhan yang bisa digunakan sebagai titik transit fast boat dan jenis kapal lain yang membawa pengunjung yang ingin mengunjungi pulau Lombok. Gili Trawangan sendiri bisa dicapai melalui pulau Lombok maupun Bali. Selain menggunakan fast boat, pengunjung juga bisa mencapai pulau ini menggunakan kapal biasa yang dimiliki oleh warga Bangsal. Dari Gili Trawangan, pengunjung bisa pula mengunjungi pulau kecil lain di Lombok seperti Gili Air dan Gili Meno menggunakan kapal tradisional. Layanan fast boat lebih kerap digunakan untuk menuju Bali dari Gili Trawangan. Layanan fast boat yang berangkat dari Gili Trawangan tersedia setiap hari pukul 09.30 dan 16.00.

Gili Air

Tak berbeda dengan Gili Trawangan, Gili Air yang bertetangga dengan Trawangan juga dilengkapi dengan sebuah pelabuhan yang menjadi tempat mendarat berbagai macam sarana transportasi air. Gili Air bisa dicapai melalui beberapa pelabuhan yang tersebar di Bali dan Lombok. Dari Pelabuhan Bangsal yang berlokasi di Lombok, pengunjung bisa menggunakan layanan fast boat dan perahu tradisional untuk mencapai Gili Air. Moda transportasi yang sama juga bisa digunakan untuk meninggalkan Gili Air. Dari Gili Air, pengunjung bisa langsung mengunjungi dua gili lain menggunakan perahu tradisional. Dari Gili Air menuju Lombok maupun Bali, pengunjung biasanya menggunakan fast boat yang ditawarkan dalam beragam jenis dan harga. Moda transportasi memang banyak digunakan dengan alasan keamanan dan kenyamanan.

Gili Meno

Gili Meno tidak boleh dilupakan ketika membicarakan mengenai Gili Trawangan dan Gili Air. Ketiganya dianggap sebagai trio gili yang mampu menjaring pengunjung tak hanya dari dalam negeri melainkan juga luar negeri. Dengan status Gili Meno sebagai salah satu tujuan wisata utama di Lombok, pulau mungil ini juga dilengkapi dengan pelabuhan sebagai tempat pendaratan berbagai macam moda transportasi laut. Gili Meno bisa dicapai dari pelabuhan yang ada di Lombok menggunakan perahu warga. Pengunjung juga bisa menyeberang ke Gili Meno dari pelabuhan Teluk Nare menggunakan fast boat. Perahu warga dan fast boat bisa dipilih jika Anda ingin mengunjungi Gili Meno dari Gili Trawangan dan Gili Air. Fast boat yang berangkat dari Gili Meno biasanya beroperasi mulai pukul 08.00 hinga pukul 17.00. Fast boat yang berangkat dari Bali biasanya akan berhenti dahulu di Gili Trawangan menyesuaikan kebutuhan penumpang.

3 Pelabuhan Fast Boat di Gili-Gili Lombok
Tagged on:                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pesan Tiket Kapal Cepat

%d bloggers like this: